pencemaran lingkungan

Pencemaran lingkungan bukan lagi jadi masalah kecil melainkan sudah mendunia. Dampak negatif dari pencemaran terhadap lingkungan tidaklah main-main. Hal itu akan berdampak pada keberlangsungan hidup anak cucu kita kelak di bumi ini. Beberapa contoh pencemaran lingkungan misalnya saja dari sampah, limbah industri, polusi udara, dan lain-lain.

Demi menekan dampak negatif yang timbul, dibutuhkan upaya pencegahannya. Namun masyarakat butuh ditumbuhkan rasa sadar dan kepedulian untuk mau memulainya. Itu karena upaya mencegah pencemaran ini tidak hanya dilakukan sekali saja. Butuh konsistensi untuk mencapai tujuan agar kesehatan bumi kita lebih baik.

Pemerintah mungkin bisa memulai dengan membuat organisasi pencinta lingkungan, melakukan kampanye melalui media, serta memberi penyuluhan secara langsung. Sehingga masyarakat lebih memahami apa saja dampak dan manfaatnya. Melalui artikel yang diunggah di website, media sosial atau produk digital lainnya juga bisa menimbulkan kesadaran masyarakat.

Inilah beberapa upaya untuk mencegah pencemaran lingkungan.

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Ini bukanlah hal kecil yang bisa disepelekan manfaatnya. Dengan mulai membuang sampah tepat pada tempatnya dan kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir secara benar sudah jadi upaya kita menjaga lingkungan. Membuang sampah di sembarang tempat, apalagi di aliran air atau sungai akan menimbulkan pencemaran. Itu karena sampah akan menumpuk dan membusuk kemudian menimbulkan bau tidak sedap serta beragam penyakit. 

Selain membuang pada tempatnya, pilih dan pilah sampah berdasarkan jenisnya. Kemudian kita juga bisa mendaur ulang sampah agar lebih bermanfaat dan tidak menjadi penumpukan di TPA nantinya. Tak lain karena sampah yang dihasilkan oleh manusia setiap harinya memiliki jumlah volume yang lebih dari daya tamping TPA.

2. Menanggulangi Limbah Industri

Limbah industri juga jadi masalah yang membahayakan lingkungan. Limbah yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang untuk mengurangi pencemaran perairan. Sebaiknya pemerintah juga menempatkan kawasan industri yang jauh dari keramaian dan daerah tempat tinggal penduduk. Hal tersebut untuk menekan bahaya limbah pabrik yang akan terkontaminasi ke masyarakat. 

3. Mengurangi Pencemaran Udara

Mengurangi pencemaran udara bisa dilakukan dengan mengganti bahan bakar minyak pada kendaraan. Bisa dengan memilih menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Selain itu juga bisa memilih untuk mengguanakan kendaraan bertenaga listrik. Ini akan sangat berpengaruh untuk menekan polusi udara terutama di perkotaan dengan volume kendaraan yang banyak setiap harinya.

4. Penanaman Pohon

Menanam pohon merupakan langkah penghijauan yang baik untuk mengupayakan pencegahan pencemaran lingkungan. Tumbuhan mampu menyerap karbondioksida atau CO2 di udara dan mengeluarkan oksigen yang lebih bersih. Sehingga tumbuhan mampu menjadi penyaring atau filter udara yang mengurangi tingkat polusi udara. 

5. Pengguanaan Pupuk dan Pembasmi Hama yang Sesuai

Memberikan pupuk pada tanaman memang dapat meningkatkan hasil pertanian. Di sisi lain hal itu juga dapat mencemaran perairan. Sama halnya dengan penggunaan obat anti hama tanaman, jika dalam  penggunaannya melebihi dosis akan menimbulkan pencemaran. Selain mencemari lingkungan memusnahnya organisme tertentuseperti bakteri pengurai atau serangga yang membantu penyerbukan tanaman. 

Wah ternyata banyak ya cara yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga lingkungan. Upaya yang dilakukan pun tidak terlalu sulit hanya saja butuh konsistensi dan kerjasama yang baik dari pemerintah dan masyarakat. Dengan sama-sama berupaya mecegah pencemaran lingkungan maka akan membangun bumi yang lebih sehat untuk anak dan cucu kita kelak. Kita hanya perlu mau untuk memulai melakukan upaya-upaya yang sudah disebutkan di atas. 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here