mobil daihatsu grand new xenia

Daihatsu memang menjadi produsen mobil yang produk mobilnya banyak dicari dan digunakan oleh masyarakat. Salah satu mobil milik Daihatsu yang paling popular adalah jenis MPV Xenia dan SUV Terios. Bahkan untuk dua produk ini, Daihatsu mengeluarkan generasi baru dengan tampilan yang lebih mewah. Harga mobil Daihatsu ini pun cukup terjangkau, baik mobil SUV maupun MPV nya.

Dilihat dari fenomenanya, mobil SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi Purpose Vehicle) menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Bukan hal mengherankan, sebab keduanya menjawab keinginan masyarakat.

Mobil SUV didesain sebagai mobil yang dapat melewati berbagai kondisi medan jalan, baik on road maupun off road.  Karakter desainnya yangn kokoh, kekar, serta ground clearance tinggi dari tanah. Selain itu kapasitas penumpang SUV cukup banyak, masih muat mengangkut lima penumpang bahkan ada SUV yang berkapasitas tujuh penumpang.

Sedangkan MPV, secara fisik, punya dimensi lebar dan panjang. Ground clearance MPV juga cukup tinggi meskipun tidak setinggi SUV. Ciri khas lainnya adalah mampu memuat hingga Sembilan penumpang. Namun, jangan sampai salah memilih mobil. Pastikan kendaraan yang dibeli sesuai dengan tujuan agar tidak menyesal.

MPV vs SUV

Daripada bingung memilih mobil yang mana, ada baiknya untuk melihat head to head antara MPV vs SUV agar jelas. Secara umum, mobil SUV dan MPV siapapun produsennya, hampir sama. Berikut perbedaannya.

1. Profil Ban

Pelek dan ban yang digunakan SUV adalah jenis profil besarsebab ingin melahap medan on road dan off road dengan baik. Ban besar yang digunakan juga membuat mobil SUV lebih tangguh sehingga tidak mudah tergelincir.

Namun ternyata mobil MPV dari beberapa produsen juga menyediakan varian MPV yang punya pelek sebesar SUV pada umumnya. Namun, perbedaannya dapat terlihat jelas. Meskipun ukuran pelek tidak ada beda, namun SUV biasanya menggunakan ban yang tebal dan gemuk dibanding MPV yang menggunakan ban standar.

2. Ground Clearance

Tinggi mobil dari permukaan tanah pada mobil SUV berbeda dengan MPV. Ground clearance SUV biasanya didesain tinggi agar lancar saat melewati jalanan bergelombang atau saat off road. Sedangkan MPV memang didesain untuk mobil keluarga dengan kapasitas penumpang banyak untuk on road. Sehingga desain ground clearance lebih rendah.

Belakangan, MPV ada yang didesain memiliki tinggi dari permukaan tanah hingga 200 mm. Ini membuat mobil MPV terlihat gagah seperti SUV. Meski tinggi, desain kaki-kaki MPV tidak lebih kokoh dari SUV.

3. Jumlah Penumpang

Desain mobi terdahulu, antara mobil SUV dan MPV lebih mudah dibedakan hanya dengan melihat kapasitas jumlah penumpangnya. Namun, sekarang sudah ada SUV yang memiliki kapasitas tujuh penumpang. Ini dapat membuat banyak orang keliru membedakan mana yang SUV dan MPV.

Atau kondisi sebaliknya juga terjadi. Mobil MPV yang berpenumpang tujuh orang didesain macho layaknya SUV. Hal ini bisa dibedakan dengan melihat kapnya. Mobil SUV berpenumpang tujuh orang biasanya punya kap lebih rendah di jok baris ketiga.

Paling penting, pilihlah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan memaksakan membeli mobil SUV jika kebutuhan kamu adalah mobil MPV. Begitu juga sebaliknya. Seperti yang sudah dijelaskan, tampilan SUV dan MPV sekarang sudah terlihat hampir sama. Salah satunya mobil pabrikan Daihatsu. Grand New Daihatsu Xenia yang merupakan mobil MPV tidak kalah gagah dibanding All New Terios milik pabrikan yang sama. Meskipun tampilan hampir sama, namun harga mobil Daihatsu tentu berbeda pula sesuai dengan spesifikasinya.

Harga mobil Daihatsu Grand New Xenia dibanderol dengan harga Rp 186.650.000, tidak semahal All New Terios yang dijual seharga Rp 202.300.000 jika dilihat di situs resmi Daihatsu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here