kelebihan macbook dibanding windows

Secara umum, banyak orang berpendapat, yang paling menonjol dari perbedaan Macbook Apple dengan laptop Windows biasa terletak dari segi harga. Mac memang dikenal sebagai produk premium yang digunakan oleh orang-orang berduit.

Apa sih yang dibutuhkan oleh orang lain dari laptopnya? Tahan lama, awet, serta mampu mendukung dengan cepat aktivitas sehari-hari baik itu kerjaan, itulah yang penting dan jadi pertimbangan.

Ada orang yang menggunakan laptop Windows karena tampilannya bagus atau karena spesifikasinya yang mumpuni. Ada juga orang yang migrasi dari Windows ke Mac karena membutuhkan kemampuan lebih yang ditawarkan oleh produk besutan Apple tersebut.

Lantas, apa saja kelebihan Mac yang tidak dimiliki oleh laptop Windows biasa? Simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan Apple MacBook

Menurut sebagian orang yang sudah menggunakan laptop dari Apple, ada beberapa hal yang membuat Mac dicintai.

1. Kualitas layar lebih tajam

Salah satu yang menjadi kelebihan dari laptop milik Apple yang tidak dimiliki oleh laptop biasa adalah kualitas layar. Seperti Mac Pro Retina Display, misalnya. Kualitas layar yang ditawarkan lebih tajam dan bagus. Produk yang satu ini banyak dipilih oleh desainer atau fotografer karena tajamnya layar yang ditawarkan.

Sementara itu, teknologi dari retina display juga cocok untuk retina mata, tampilannya lebih hiduup, serta terlihat lebih natural.

2. Tampilan yang Elegan

Dari dulu, semua produk keluaran Apple terkenal akan desain yang simpel, eksklusif, dan elegan. Bahkan sudah mulai ditiru oleh banyak produsen laptop kebanyakan. Pengguna juga akan merasakan bangga dengan perangkat laptop Apple yang dimilikinya. Desain yang simpel dan elegan inilah yang membuat banyak orang mencari produk yang satu ini meskipun dibanderol dengan harga cukup mahal.

3. Awet

Siapa sih yang tidak menginginkan punya perangkat  yang awet dan tidak mudah rusak? Nah, ini juga coba ditawarkan Apple pada para penggunanya. Mac terkenal sebagai laptop kuat, awet, tahan lama, dan jarang sekali mengalami hang.

Bagian body juga dibungkus dari aluminium serta bahan terbaik yang membuatnya semakin kuat dan awet serta menjadi kelebihan dibandingkan laptop biasanya. Kekuatan Mac yang unggul dibanding laptop Windows biasa inilah yang membuatnya semakin diminati meskipun harganya lebih mahal.

4. Terhindar dari virus

Sistem operasi dari semua produk Apple memang lebih baik. Meskipun sempat beredar kabar mengenai virus Mac, namun pihak Apple segera melakukan perbaikan dengan merilis update terbaru untuk sistem operasinya.

Sedangkan jika dibandingkan dengan laptop biasa yang rentan terkena virus, kelebihan ini akan jadi nilai jual yang sangat diminati. Wajar jika banyak yang memilih Mac, selain karena ‘gengsi’ yang ada di dalam setiap produk-produk keluaran Apple tersebut.

5. Booting dan Wake Up lebih cepat

Mac terkenal dengan sistem booting, sleep maupun wake up dengan respon yang cepat. Bahkan ketika menjalankan program atau aplikasi, Mac dapat dibuka dan dioperasikan lebih cepat dibandingkan laptop biasa.

6. Mudah melakukan upgrade dan install

Kelebihan lain yang ditawarkan Mac adalah kemudahan dalam upgrade maupun menginstall aplikasi yang ada di dalamnya. Meskipun install software di Windows juga mudah, namun akan mengalami kesulitas saat ingin mengupdate Windowsnya.

Berbeda saat upgrade OS di Mac, cukup menekan satu tombol, maka sistem operasinya akan terupgrade, tersedia di Apple Store dan gratis.

7. Fitur dan fungsi lebih banyak

Laptop milik Apple ini banyak sekali memiliki fitur dan fungsi. Seperti fitur install dan upgrade seperti yang disebutkan sebelumnya, juga jadi salah satu fitur terbaik yang dimiliki. Selain itu juga ada fitur notification center, screenshot mac, mission control, dan banyak lagi. Bahkan di Mac terbaru, Apple menghadirkan touch bar seperti volume up-down, lock screen, serta tombol lainnya yang dapat dengan mudah diatur dengan lebih mudah.

Memilih MacBook Sesuai Kebutuhan

memilih macbook sesuai kebutuhan

Mac ada beberapa serinya, tidak hanya satu. Bila sudah yakin membeli Mac, pertanyaan selanjutnya adalah memilih Mac sesuai dengan kebutuhan.

New MacBook

New Macbook ini merupakan generasi untuk laptop Apple. Dari desainnya terlihat, seri ini banyak menonjolkan sisi modern dan mobilitasnya. Ukurannya lebih tipis, lebih ringan dengan banyak pilihan warna.

Seri ini cocok sekali untuk pengguna yang praktis namun butuh laptop yang tetap powerfull, cocok menggunakan seri ini. Urusan performa, Mac terbaru ini tidak perlu dikhawatirkan lagi sebab dilengkapi Intel Core m3 dan m5, memori RAM 8 GB, serta Intel HD Graphic 515. Bahkan baterainya diklaim bisa bertahan selama 10 jam.

Beratnya hanya 0.92 Kg dengan tebal sekitar 0.35 – 1.31 cm dengan layar yang nyaman berukuran 12 inch. Mac seri ini cocok digunakan mengerjakan aktivitas harian yang biasa dengan kenyamanan multimedia, bobot ringan serta desain elegan, harusnya kamu memilih Mac seri ini.

MacBook Air

Ukuran dari Mac Air ini memang tidak seramping New MacBook. Soal performa, seri yang ini dilengkapi dengan Intel i5 1.6Ghz generasi ke 5 dan Intel HD Graphic 6000, sehingga cukup memenuhi kebutuhan aktivitas penggunanya. Meskipun kurang cocok jika digunakan untuk menjalankan games kelas berat dari segi performa maupun grafis.

Seri ini hadir dengan dua ukuran layar, 11 inch dan 13 inch dengan ukuran memori yang berbeda. Model 11 inch dilengkapi dengan RAM 4 GB dan 13 inch memiliki RAM 8 GB. Berbeda ukuran layar, beda pula lama ketahanan baterainya. Ukuran 11 inch bisa digunakan selama 9 jam sedangkan 13 inch mampu bertahan hingga 12 jam. Hanya saja, seri ini belum mendukung resolusi Retina Display.

MacBook Pro

Seri yang satu ini memang didesain khusus untuk menjadi model terbaik dari semua model yang ada. Kinerjanya disebut-sebut tidak mengecewakan. Prosessor yang digunakan lebih baik dari semua seri yang ada, wajar jika performanya lebih baik dan lebih cepat. Dari segi RAM, seri Pro ini juga lebih baik.

Terdapat dua varian, yaitu retina dan non retina dengan dua ukuran, 13 inch dan 15 inch. Mac Pro Retina didukung Retina Display yang memiliki 4 juta piksel untuk model 13 inch, serta 5 juta piksel untuk model 15 inch. Kerapatan pikselnya 227 PPI dengan akurasi warna dan sudut pandang yang sangat tinggi. Sehingga membuat pengguna menjadi nyaman dan mata tidak mudah lelah.

Sedangkan kerapatan pixel Mac Pro Non Retina berbeda, hanya setengah dari model Retina Display yaitu 110 PPI. Resolusi layarnya hanya 1280×800 pixel membuatnya termasuk rendah, sedangkan laptop biasa kelas yang sama sudah dilengkapi resolusi tinggi 1366 pixel.

Model 13 inch ini memiliki berat 1.58 Kg yang mampu bertahan hingga 10 jam dan 9 jam untuk model 15 inch dengan berat 2.04 Kg. Bagi kamu yang punya pekerjaan berat dan butuh display bagus, sebaiknya pilih MacBook Pro Retina. Sedangkan jika kamu butuh laptop dengan performa bagus tapi tidak terlalu mementingkan displaynya, tidak masalah memilih varian Non Retina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here