amalan 10 hari pertama bulan zulhijjah

Kita sedang berada di bulan yang paling baik untuk beribadah, yaitu di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Mulai dari menjalankan ibadah puasa, berkurban, solat lima waktu di masjid, melaksanakan ibadah haji, bahkan wakaf.

Meski tidak dijelaskan secara spesifik apa saja amalan yang baik dikerjakan saat bulan Dzulhijjah ini, tapi mengacu pada hadits, sepuluh hari pertama di bulan inilah waktu paling dicintai Allah SWT untuk mengerjakan amal shalih.

“Tidak ada hari di mana amal soleh pada saat itu lebih dicintai oleh Allah SWT daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari di bulan Dzulhijjah….” (HR. At Tirmidzi).

Dari hadist tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa semua amal soleh akan masuk dalam cakupan hadist tersebut. Sehingga, sudah seharusnya umat Islam untuk lebih antusias melaksanakan ibadah di waktu paling berharga ini. Ibadah umum apapun bentuknya lebih baik dikerjakan dan dilaksanakan pada sekarang ini.

Ibadah yang bisa dilakukan pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah

Selain memprioritaskan beberapa ibadah yang hanya bisa ditunaikan pada waktu ini, kamu juga bisa melakukan ibadah yang lain juga. Berikut amal soleh yang bisa kamu kerjakan di hari-hari ini:

  • Puasa sunnah sembilan hari awal bulan Dzulhijjah

Menurut hadist riwayat Abu Dawud, dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Rasulullah SAW menyebut bahwa, “Rasulullah SAW biasa berpuasa di sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari Asyura, berpuasa tiga hari setiap bulannya….”

Terutama puasa ‘Arafah tanggl Dzulhijjah, kecuali bagi mereka yang sedang menunaikan ibadah Haji. Puasa ‘Arafah juga banyak keutamaannya, yaitu bis menghapuskan odsa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

  • Berqurban, melaksanakan sholat ‘Ied, dan mensedekahkan daging qurban

Dalam Quran surat Al Kautsar ayat 2 disebutkan bahwa diperintahkan untuk mendirikan solat karena Allah SWT dan berkurban. Solat pada ayat ini dimaksudkan adalah solat hari raya.

Pada hari raya Idul Adha juga dianjurkan untuk berqurban dan membagikan daging qurbannya pada masyarakat. Ini juga berarti bahwa amal ibadah sedekah.

  • Ibadah Haji
ibadah haji 10 hari pertama bulan zulhijjah

Setiap tahun umat Islam memang datang memenuhi panggilan Allah SWT untuk menunaikan ibadah Haji. Semua umat Islam di seluruh dunia memenuhi tanah suci Mekkah untuk mendapatkan Haji yang mabrur. Sebab menurut hadist riwayat Ahmad, dari Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda, “Haji mabrur tiada balasan baginya kecuali surga….”

  • Solat lima waktu di masjid

Mengacu pada hadist yang menyebut sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah adalah waktu emas melaksanakan amal soleh, termasuk solat berjamaah di masjid. Sebab tidak dijelaskan secara rinci apa saja amal soleh yang dianjurkan untuk dikerjakan. Berarti semua amal soleh harus semakin antusias untuk dikerjakan.

Tidak ada salahnya kamu mengerjakan solat berjamaah ke masjid lima waktu dalam sehari. Di hari biasa saja, setiap langkah menuju masjid dihitung satu pahala, dihapuskan satu dosa, dan juga dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT.

  • Wakaf

Meskipun tidak ada waktu yang ditentukan, wakaf bisa dilakukan kapan saja. Tidak mesti menunggu waktu tertentu untuk melakukannya atau tidak harus menunggu jumlah harta terkumpul jumlah tertentu dulu.

Kembali mengacu pada hadist di atas, tentu tidak ada salahnya untuk berwakaf di bulan Dzulhijjah ini. Selama niatnya lurus karena Allah SWT dan harta yang diwakafkan memenuhi syarat-syarat berwakaf, maka boleh ditunaikan kapan pun.

Tetapi jika seseorang ingin wakaf di waktu-waktu utama, yang dimuliakan Allah SWT, maka hal tersebut diperbolehkan alias tidak ada salahnya. Ada wakaf untuk selamanya, ada juga yang berlaku sepanjang itu mashlahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here