cuci pakaian

Wabah Covid 19 memang semakin parah di dunia, bahkan di Indonesia sendiri sekarang ini sudah tercatat lebih dari 3 ribu orang positif terserang virus Corona dan juga dengan angka kematian sampai dengan 300 jiwa lebih. Bahkan diprediksikan akan senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Jika seandainya masyarakat tidak patuh dengan aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah. Kondisi semacam ini tentunya membuat masyarakat juga semakin parno bukan, apalagi untuk keluar rumah.

Bukan hal yang tidak mungkin jika seandainya nanti Anda bisa terpapar oleh virus tersebut, bahkan kemudian menularkannya kepada orang lain yang ada di sekitar Anda bukan. Jadi patut untuk waspada. Sedangkan untuk yang sehat tetaplah menerapkan gaya hidup bersih agar nantinya tidak sampai terserang oleh virus berbahaya yang satu ini. Sekalinya terserang maka tidak menjamin nantinya Anda bisa sembuh dan juga tetap hidup. Mengingat angka kematian yang disebabkan olehnya di Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan yang sembuh.

Salah satu penerapan gaya hidup bersih yang harus dilakukan selain dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun adalah dengan rutin di dalam membersihkan atau mencuci baju yang Anda pakai untuk keluar rumah. Karena sangat mungkin nantinya pakaian tersebut dijadikan sebagai tempat bersarangnya virus Corona dalam jangka waktu lama dan nantinya sampai masuk kedalam tubuh. Bukan hal yang sulit sebenarnya untuk mencuci pakaian yang Anda gunakan agar terhindar dari virus ini, diantaranya adalah:

cuci pakaian
  1. Gunakan air hangat, paling tidak air dengan suhu suam-suam kuku ini adalah pilihan terbaik untuk mencuci pakaian. Karena suhu tinggi yang ada di dalam air tersebut nantinya berfungsi untuk membunuh virus yang menempel. Rendam terlebih dahulu pakaian tersebut dengan air hangat ini sampai beberapa menit sebelum dicuci menggunakan detergen.
  2. Pakailah detergen untuk mencucinya, Anda agaknya juga bisa mengandalkan detergen untuk menghilangkan kemungkinan virus yang menempel. Pakailah detergen dengan kandungan pemutih, karena jenis detergen yang satu ini memiliki sifat antivirus dan juga antibakteri yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan yang biasa. Namun pastikan untuk memisahkan antara pakaian yang mudah luntur dan juga tidak.
  3. Guna mengurangi kontak secara langsung, maka Anda bisa memanfaatkan mesin cuci untuk mencuci pakaian tersebut. Agar nantinya Anda tidak melakukan kontak secara langsung dengan pakaian tersebut, ada baiknya untuk mencucinya dengan mengandalkan mesin cuci, jadi setelah Anda merendam menggunakan air panas, selanjutnya segera memasukkan pakaian tersebut kedalam mesin cuci.
  4. Pisahkan pakaian yang digunakan orang sehat dan juga orang yang sakit ketika dicuci, sebaiknya Anda juga memisahkan antara pakaian orang yang sehat dan juga yang sakit sebelum mencucinya, karena sangat mungkin pakaian orang sakit tersebut mengandung virus yang berbahaya di dalamnya.
  5. Jemur di bawah terik matahari secara langsung, meskipun sudah menggunakan pengering, namun sangat disarankan bagi Anda untuk tetap menjemur pakaian tersebut langsung di bawah sinar matahari, karena pada suhu panas ini maka nantinya virus juga akan mati.
  6. Setrika dengan suhu panas, untuk membuat hasilnya lebih optimal, maka ketika pakaian tersebut sudah kering bisa dilanjutkan dengan menyetrikanya dengan suhu yang tinggi agar lebih optimal.

Mudah bukan, untuk itu maka terapkan sendiri di rumah. Informasi pencegahan virus Corona yang lainnya bisa Anda dapatkan lewat aplikasi Halodoc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here