pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat

Hanya dalam kurun waktu beberapa tahun saja, pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat atau yang kita kenal dengan KTA booming di berbagai media. Tapi ada dugaan, bahwa fenomena tersebut mengakibatkan munculnya fenomena baru, yaitu gali lubang tutup lubang. Bernarkah demikian? Berikut fakta yang ada sekaligus pemecahan masalahnya.

Bedakan antara Pinjaman Online Legal dan Ilegal

Sama halnya dengan bisnis lain, fintech yang bergerak di bidang pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat harus betul-betul berfungsi sebagaimana visi-misinya. Status KTA tidak boleh hanya dipakai sebagai kedok untuk menutupi praktik rentenir online. Sayangnya, tidak sedikit yang akhirnya kurang waspada dan terjerumus ke lingkaran setan.

Lingkaran setan yang dimaksud tentu berkaitan dengan gali lubang tutup lubang. Artinya, seorang yang masih memiliki utang, akhirnya utang lagi ke pihak lain hanya untuk melunasi utang sebelumnya. Kesannya memang terbebas dari utang. Tapi dengan munculnya utang baru, sama halnya dengan kembali ke titik nol dan berpotensi alami kebuntuan kelak.

Oleh karena itu, pilihlah pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang legal dan sudah dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Dalam hal ini, fintech yang Anda pilih harus sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan resmi milik Indonesia. Kalau tidak terdaftar atau bermitra dengan OJK, sudah dipastikan fintech tersebut ilegal.

Beruntung, para pendiri fintech telah menyadari hal itu dan tergerak langsung untuk mendaftarkan diri ke pihak OJK. Hasilnya, persentase jumlah fintech legal lebih tinggi daripada ilegal. Salah satu yang legal bernama Tunaiku yang meskipun tidak lagi terdaftar di OJK sebagai fintech, tetapi masih bermitra dengan lembaga pemerintah tersebut.

Selalu Ada Jalan Keluar untuk Setiap Permasalahan

Potensi gali lubang tutup lubang merupakan permasalahan yang tidak akan pernah selesai. Dengan menjadi nasabah dari penyedia pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang legal, fenomena tersebut bisa dengan mudah diatasi. Sebagaimana halnya dengan yang diupayakan oleh Tunaiku Amar Bank.

Pihak Tunaiku membuka keran seluas-luasnya untuk Anda yang mau berpartisipasi dalam menyebarkan kode referral. Setiap kali ada nasabah yang berhasil Anda rekrut, maka insentif dana pun meluncur ke akun Anda. Nantinya, di awal bulan, total insentif dana tersebut bisa Anda tarik secara tunai. Bisa pula untuk memperkecil jumlah cicilan di Tunaiku.

Jika Anda rajin dalam mengkampanyekan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat dari Tunaiku, bukan tidak mungkin cicilan mudah lunas. Kunci utama agar sukses adalah dengan memperluas jaringan pertemanan. Di antara teman-teman Anda, pasti ada yang membutuhkan suntikan modal secara instan. Nah, bisa Anda tawarkan ke mereka.

Pilih Pinjaman Online dengan Jenis Bunga Flat

Dalam bahasa Inggris, flat memiliki arti datar. Jika diterapkan ke dalam sistem bunga pinjaman, maka total bunga yang diberlakukan sama setiap bulannya atau setiap tahunnya. Dengan jenis bunga seperti ini, Anda pun lebih mudah dalam menghitung cicilan sekaligus upaya untuk mempersiapkannya. Berbeda dengan jenis bunga lain.

Pada bunga efektif, nilainya berubah-ubah karena disesuaikan dengan saldo utang pokok Anda. Umumnya sih semakin berkurang utang pokok, maka semakin menurun. Tapi ketika masih di awal-awal, cenderung jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman instan yang pakai bunga flat. Kemungkinan untuk gali lubang tutup lubang juga lebih tinggi.

Di Tunaiku, bunga yang diterapkan adalah bunga flat. Jadi, cicilan atas pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang Anda ajukan tetap sama sepanjang berada di periode cicilan. Total bunga per tahunnya sendiri hanya 3%. Sedangkan tenor maksimal di Tunaiku hingga 20 bulan. Cukup ringan, bukan?

Dengan fakta tersebut, setidaknya Anda masih bisa bernapas dan mempersiapkan dana untuk cicilan yang lebih matang. Dengan kata lain, potensi untuk gali lubang tutup lubang jadi 100% hilang. Semuanya kembali pada Anda. Apakah akan giat bekerja atau tidak. Pihak Tunaiku hanya memberikan ruang untuk Anda usai pengajuan pinjaman disetujui.

Tidak Semua Fasilitator Pinjaman Online Egois

Egois yang dimaksudkan adalah terus-menerus memupuk keuntungan, sedangkan para nasabahnya tidak begitu dilayani. Fasilitator pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang seperti ini tergolong egois. Ke depannya, mudah tergantikan karena prinsip layanan pinjaman online-nya tidak berkembang.

Kemungkinan untuk gali lubang tutup lubang tidak hanya berangkat dari layanan pinjaman online. Bisa jadi karena berasal dari pola hidup nasabah itu sendiri. Sebagai fasilitator, sudah sepatutnya memberi arahan agar para nasabahnya tidak mudah terjerat kasus seperti lingkaran setan itu. Misalnya dengan membuat website khusus yang berisi berbagai solusi.

Alhasil, pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang tergerak untuk memberi berbagai solusi pada nasabahlah yang kemungkinan berkembang pesat. Soalnya para nasabah mendapatkan suntikan ilmu pengetahuan baru terkait cara-cara mengatur keuangan pribadi hingga akhirnya terlepas dari jeratan kasus gali lubang tutup lubang.

Penyedia layanan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang berhasil memenuhi standar tersebut salah satunya adalah Tunaiku. Baik yang berstatus sebagai nasabah maupun bukan, sama-sama bisa mengakses situs swara.tunaiku.com. Situs tersebut berisi informasi dan tips lengkap terkait finansial, karir, dan cara-cara agar Anda sukses dalam menjalani kehidupan.

Pembahasan yang ada di sana sangat lengkap dan bersifat menyeluruh. Meskipun disampaikan dalam baris kalimat yang tidak panjang, tetapi mampu menguak segala permasalahan nasabah. Gaya penyampaiannya juga sangat kekinian. Cocok sekali buat Anda yang suka membaca artikel berbobot, tapi mudah dipahami karena bahasanya ringan.

Bisa jadi permasalahan yang selama ini membelenggu pikiran, lekas tercerahkan setelah Anda baca-baca artikel di sana. Pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat yang solutif seharusnya memang begini. Selain memberikan suntikan modal, pihak penyedia layanan pinjaman online juga memberi suntikan berupa inspirasi.

Laporannya Lengkap atau Tidak?

Fenomena gali lubang tutup lubang juga bisa terjadi karena pihak penyedia layanan pinjaman online tidak melaporkan setiap detail transaksi secara lengkap. Dampaknya bisa membuat catatan cicilan jadi rancu. Pihak nasabah tidak bisa berbuat banyak, sebab bisa jadi setelah menyampaikan keluhan tersebut, fasilitator pinjaman online bilang kesalahan teknis.

Untuk menyikapi laporan yang tidak lengkap atau kewalahan dalam mencatat setiap detail transaksi, Tunaiku akhirnya membuat aplikasi khusus. Aplikasi tersebut bisa Anda unduh lewat Google Play Store. Anda juga bisa mengajukan pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat lewat situ.

Laporan yang lengkap atau mendetail akan meningkatkan transparansi suatu fintech. Ketika performa berhasil dipertahankan, kredibilitas di mata masyarakat pun naik. Patut jika Tunaiku yang baru berusia beberapa tahun saja sudah memiliki nasabah hingga ratusan ribu. Sebuah angka yang rasanya sulit dikejar oleh fasilitator pinjaman online lain.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, bahwa tidak semua pinjaman uang online tanpa jaminan dan syarat bisa bikin seorang nasabah gali lubang tutup lubang. Selama Anda menggunakan layanan yang diregulasi oleh pemerintah, maka 100% aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here