Makanan Khas Solo
Makanan Khas Solo

Mandrivaonline.com, Jika kita sedang berkunjung ke kota Solo rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas dan terkenal, karena di Solo terdapat beberapa kuliner yang terkenal dan sayang untuk di lewatkan. Kuliner khas Solo beragam, namun memiliki beberapa kesamaan dengan makanan khas jawa lainya seperti soto, pecel, bakso dan makanan khas jawa tengah dan timur lainya.

Kali ini kita akan merekomendasikan berapa kuliner khas solo yang enak dan sangat terkenal, saking terkenalnya ada beberapa tempat yang sudah sering di jumpai orang terkenal. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas solo tersebut, di antaranya ada makanan yang tidak dapat kamu temukan di tempat lain.

Serabi Notosuman

Kue serabi sering kita jumpai di daerah Jawa Barat terutama di kota Bandung, namun di Solo juga terdapat kuliner serabi yang memiliki ciri khas tersendiri. Surabi khas solo ini memiliki pinggiran yang renyah, sehingga membuatnya berbeda dari kue serabi lain.

Makanan khas Solo.
Makanan khas Solo.

Di Solo ada satu tempat serabi yang cukup terkenal yaitu serabi Notosuman, kue serabi yang di jual di tempat tersebut sering habis dan sangat terkenal. Jadi jika sedang berada di kota solo, cobala untuk mampir dan cobalah serabi Notosuman di Solo.

Timlo

Kuliner khas solo lainya yang cukup terkenal adalah Timlo, Timlo sendiri adalah makanan berkuah seperti sup yang memiliki banyak isian. Biasnya isian yang terdapat pada satu porsi Timlo adalah suiran daging ayam atau sapi, telur, kembang tahu, jeroan ayam, soun dan di atasnya di taburkan bawang goreng. Timlo sangat cocok di santap selagi panas, apalagi ketika cuaca di luar sedang hujan.

Makanan khas Solo.
Makanan khas Solo.

Tengkleng

Kuliner khas solo lainya yang cukup terkenal adalah Tengkleng, Tengkleng adalah tulang kambing muda yang masih terdapat daging yang menempel. Sehingga cara makanya seperti kita harus menggerogoti tulang tersebut, namun tenang saja karena masih banyak daging yang menempel pada tulang kambing muda tersebut.

Makanan khas Solo.
Makanan khas Solo.

Kuah yang disajikan hampir mirip dengan kuah gulai, hanya saja lebih encer dan dilengkapi dengan beberapa jeroan dan irisan daging kambing kambing.

Sate Buntal

Dari bentuknya memang agak mirip sate lilit khas Bali, namun Sate buntal benar-benar berbeda. Jika kamu penikmat sate kambing wajib mencoba sate buntal khas Solo ini, karena rasa dari sate buntal ini tidak akan pernah kamu temukan di tempat lain. Sate buntal terbuat dari daging kambing muda yang di cincang dan diberibumbu, kemudian dibuntal menggunakan lemak kambing sehingga dapat menempel pada tusukan sate.

Makanan khas Solo.
Makanan khas Solo.

Rasa dari lemak kambing yang terbakar akan menembus pada isian daging cincang, kemudian daging cincang yang terbakar bara api akan mengeluarkan aroma dan rasa yang benar-benar menggoda. Kemudian kecap yang terbakar pada daging menambahkan citarasa khas sate, ketika sate matang di sajikan dengan nasi panas dan sambal kecap memang sangat ccok.

Selat Segar Solo

Kuliner khas yang satu ini bisa dibilang bistik dengan citarasa lokal, penampilan dari makanan ini memang mirip karena terdapat irisan buncis, wortel dan kentang goreng. Selat Solo segar terdiri dari daging sapi yang di beri bumbu rempah khusus khas solo, kemudian diberikan kuah dan toping lainya seperti kentang goreng, buncis dan wortel rebus.

Makanan khas Solo.
Makanan khas Solo.

Bistik dengan citarasa lokal ini dagingnya dimasak dengan bumbu semur, sehingga kamu akan merasakan bistik khas solo.

Nah itu dia kuliner khas Solo yang wajib kamu coba ketika berada di kota Solo, karena rasanya tidak lengkap jika kita datang ke suatu tempat namun tidak mencicipi makanan khas dari tempat tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here